Main Hakim Sendiri, 7 Orang di Probolinggo Diamankan

Main Hakim Sendiri, 7 Orang di Probolinggo Diamankan – Polisi tangkap tujuh orang tersangka aktor tindakan main hakim sendiri yang dikerjakan pada masyarakat bernama Samhadi alias Essam (40), masyarakat Dusun Paleran, Desa Andung Sari, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Samhadi disangka adalah maling motor yang tertangkap basah waktu mengambil motor Honda Revo punya masyarakat ditempat, Butran (59) pada tgl 9 Juli 2018 kemarin.

Oleh masyarakat, aktor lalu dihajar memakai kayu serta batu, dan diarak ke tengah jalan Desa Tlogosari. Akan tetapi selanjutnya aktor itu juga dibakar hidup-hidup oleh masyarakat.

Selanjutnya polisi mengamankan 7 orang aktor pembakaran. Ke-7 masyarakat Desa Tlogosari, Kecamatan Tiris itu diamankan didalam rumah semasing tanpa perlawanan.

” Mereka ini semasing ada yang bertindak menjadi pengikat tangan aktor, pelempar batu ke aktor, penyiraman bensin sampai pembakaran aktor, ” kata Kapolresta Probolinggo, AKBP Fadly Samad, Jumat (10/8/2018).

Fadly memberikan pihaknya awal mulanya sudah sempat mengamankan 10 orang tersangka aktor akan tetapi pada akhirnya 3 salah satunya mesti dilepaskan karena alat buktinya tidak komplet.

” Kita sudah sempat amankan 10 orang, akan tetapi karena tidak cukuplah alat bukti, ataupun saksi yang lihat tindakan ketiganya, jadi kita bebaskan. Satu salah satunya bahkan juga masih tetap dibawah usia, ” tukasnya.

Atas tindakannya itu, ke-7 aktor tindakan main hakim sendiri itu dijaring Masalah 340 Sub 338 Sub 170 Ayat 3 Sub 351 Ayat 3 KUHP dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup atau sangat lama 20 tahun kurungan.